Sunday 10 March 2024

Serunya Berpetualang Bersama Mata di Tanah Melus

 


@annarakhma24

Judul : Mata di Tanah Melus

Penulis : Okky Madasari
Kategori : Fiksi 
No. ISBN : 9786020381329
Halaman : 192 halaman
Penerbit :  Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2018

Mata di Tanah Melus merupakan buku novel anak kedua karya Okky Madasari yang aku baca setelah Mata dan Rahasia Pulau Gapi. Namun jika dilihat dari urutannya, ini merupakan buku pertama dari Serial Mata. Meskipun begitu menurutku tidak masalah jika membacanya tidak berurutan. Kali ini Mata dan mamanya berpetualang ke wilayah terluar Indonesia, Nusa Tenggara Timur. Perjalanan yang telah direncanakan itu ternyata mengalami berbagai hal yang tak terduga, menyebabkan Mata tersesat dan terpisah dari mamanya di Tanah Melus. Akankah Mata dapat melewati berbagai tantangan di Tanah Melus yang harus dihadapi tanpa mamanya? 

Pengalaman membaca novel ini sangat menyenangkan. Dengan diksi yang ringan dan kalimat yang sederhana, buku ini dapat membuat imajinasi kita ikut serta dalam petualangan yang seru. Rasa penasaran dan semangat untuk mengeksplorasi tempat yang baru bagi Mata, mampu mengalahkan rasa takut yang dirasakannya. Petualangan Mata membuat buku ini terasa “page turner” karena rasa penasaran Mata juga dirasakan oleh pembaca. Pengen segera tamat, tapi ketika cerita tamat, sedih untuk berpisah dan mengakhiri petualangan di tempat digambarkan sangat indah itu. Hmmm…  

Oh ya, penulis tak hanya menyuguhkan keindahan tanah melus sebagai tanah imajiner tetapi juga memantik empati kita untuk refleksi, apakah kita sudah benar-benar menjaga dan melestarikan alam sekitar kita dengan baik? Apakah para pihak yang mengatasnamakan pembangunan di berbagai tempat sudah memperhatikan hak-hak penduduk asli setempat? 

Buku ini sangat inspiratif sebagai media edukasi tentang bagaimana seharusnya hubungan manusia dengan alam karena menjaga dan melestarikannya adalah tanggung jawab kita juga. 

Nah…buku ini juga cocok sebagai bacaan adik-adik SD kelas atas, kelas 4-6 karena selain membaca mereka juga dapat diajak untuk diskusi ringan dengan tema lingkungan. 

Teman-teman punya rekomendasi novel anak apa lagi nih yang bertema lingkungan? Boleh dishare di kolom komentar ya😉

Rating : 4,5/5

No comments:

Post a Comment