Thursday 22 February 2024

Review Workshop 100 Juta dari Menulis? BISA! Bersama Kak Jihan Mawaddah

        Ketika membaca judul workshop ini, awalnya aku bertanya-tanya, "100 Juta dari Menulis? BISA!" "Eh beneran bisa? Gimana caranya ya? Daripada penarasan. akhirnya aku mendaftarkan diri karena kebetulan sesuai dengan kriteria peserta yang disyaratkan oleh pihak penyelenggara. Acara ini diselenggarakan di Co-working space EJSC Bakorwil Malang yang berlokasi di Jalan Simpang Ijen no 2 Malang pada tanggal 12 Desember 2023. Terselenggaranya acara ini juga bekerja sama dengan komunitas Supersirkel, Payung literasi Malang,  plat N Blogger. serta disponsori oleh Casa Kreatif . Para peserta tidak dikenakan biaya dan hanya mengirimkan CV serta portofolio. 

 

        Mengapa Kita Menulis?

         Sebelum kita memulai menulis, kita harus punya tujuan penulisan. Beberapa orang ada yang menulis untuk buku dan mendapatkan royalti. Ada yang menulis blog, menulis untuk lomba, ataupun menulis untuk mendapatkan honor melalui media elektronik atau cetak. Tentunya sah-sah saja menulis dengan tujuan tersebut. Namun untuk mendapatkan penghasilan dari menulis yang paling banyak bisa dari blog dan lomba, karena untuk menulis buku dan mendapatkan royalti butuh waktu dan proses yang panjang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mulai menulis, antara lain:
  • Mulai menulis buruk
  • Menulis cepat (tidak sibuk mengedit, supaya terbiasa, serta menyelamatkan mood dan waktu)
  • Perkaya tulisan dengan bacaan supaya banyak memiliki pilihan diksi
  • Menciptakan konstruksi cerita agar ada kembatan untuk entertain dan disambungkan dengan data yang kita tulis
  • Memikat pembaca dengan kalimat pertama (hook)
  • Latihan dan konsistensi

        Menulis Blog untuk Mendapatkan Penghasilan

         Apakah saat ini menulis blog masih bisa eksis? Pertanyaan tersebut kerap terngiang di benakku. Ternyata selama orang-orang menggunakan google untuk mencari sesuatu, maka masih ada banyak peluang blog untuk bisa tetap eksis. Terkait tagline acara ini, 100 Juta dari Menulis? BISA! maka penghasilan blog dari mana saja? Ternyata ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk monetisasi atau menghasilkan uang dari menulis blog, antara lain :

  1. Content placement, yaitu dengan meletakkan link artikel menuju website untuk mendongkrak artikel klien / advertiser
  2. Endorsement yaitu misalnya dengan menulis review produk seperti kosmetik, otomotif, elektronik, produk bayi dan anak, jasa dan lain-lain. Benefitnya kita bisa mendapatkan uang tunai, produk atau portofolio. 
  3. Affiliate misalnya dengan marketplace tertentu, seperti shopee, bloggerperempuan.com x Lazada, rajabacklink.com, seedbacklink.com 
  4. Lomba-lomba yang bisa kita dapatkan infonya dari IG atau komunitas
  5. Google adsense
         Selain mengetahui penghasilan dari blog, kita juga harus memahami pengeluaran untuk blog, seperti :
  1. Tagihan domain, hosting
  2. Upgrading diri untuk belajar SEO
  3. Membeli template agar tampilan blog lebih menarik
  4. Page view/ traffic 
  5. Domain authority dan domain hosting

        Tips and Trick 



       Berikut ini adalah beberapa tips and trick yang disampaikan oleh Kak Jihan untuk menulis blog :
  • Tentukan timeline sendiri 
  • Tentukan goal menulis (jangka pendek dan jangka panjang)
  • Pelajari tema dan riset 
  • Bikin outline
  • Story telling dari pengalaman orang lain
  • Menyertakan data pendukung untuk mendukung opini
  • Mengubah perspektif pembaca
  • Berdoa
  • Selesai satu tulisan, lanjut ke tulisan berikutnya secara konsisten

        Praktik 

       Menurutku, workshop ini sangat menarik. Pemateri menyampaikan dengan semangat dan runtut sehingga kami para peserta dapat mengikuti dengan mudah. Tak hanya teori saja tetapi kami juga diajak untuk praktik misalnya menulis cepat dan menuliskan ide dengan cepat. Selain itu kami juga mendapat tugas untuk membuat planning tulisan jangka panjang dan jangka pendek yang akan kami tulis di tahun 2024. Dengan adanya hadiah doorprize bagi penanya, peserta tercepat dan planning terbaik, membuat kami jadi lebih bersemangat dalam mengikuti workshop. Alhamdulillah aku mendapatkan hadiah tiket ke museum angkut sebagai salah satu pemenang favorit challenge workshop. 

        Penutup


Dok : panitia


       Tak terasa workshop selama 3 jam itu rasanya masih kurang lama. Semoga nantinya akan ada kelanjutan dari workshop ini dengan pembahasan tentang teknis dalam blogging. Semoga kami bisa mengikuti jejak Kak Jihan  dalam mewujudkan "100 Juta dari Menulis? BISA!Terima kasih banyak Kak Jihan dan para panitia acara. Berikut ini adalah blog Kak Jihan  jika teman blogger ingin berkunjung https://jeyjingga.com/ . Berikut dokumentasi keseruan acara workshop https://www.instagram.com/reel/C0v3KyoLMFf/?utm_source=ig_web_copy_link&igsh=MzRlODBiNWFlZA==

No comments:

Post a Comment