Sunday 11 February 2024

Jadi Orang Tua Nggak Ada Sekolahnya? Yuk Baca Rumahku Sekolah Terbaikku



Judul buku : Rumahku Sekolah Terbaikku 

Penulis : Nur Sillaturohmah H. Lc

Kategori buku : Non fiksi (Parenting)

No. ISBN : 9786239715106

Halaman buku : 292 halaman

Penerbit :  Qaaf Kreasi Media

Tahun terbit : 2021


Bagaimana ya caranya supaya anakku suka baca buku? Apa ya yang harus aku lakukan saat anakku susah makan? Nanti bagaimana ya caranya mendidik anakku saat sudah remaja ? Problematika tentang mengasuh dan mendidik anak memang selalu ada di setiap fase kehidupan. Saat kita mendapat amanah untuk menjadi orang tua, ada banyak hal baru yang harus kita pelajari. Menjadikan rumah sebagai sekolah pertama bagi anak-anak adalah hal yang utama karena dari sanalah semua pembelajaran bermula. 


Buku Rumahku Sekolah Terbaikku ini terbit saat masa pandemi, di mana aktivitas belajar yang biasanya dilakukan di sekolah pun harus dilakukan di rumah bersama orang tua. Banyak orang tua yang merasa kewalahan dengan kebijakan tersebut. Namun demikian, pandemi membuka kembali kesadaran kita bahwa sejatinya pendidikan bagi anak bukan hanya tanggung jawab guru di sekolah tetapi juga peran serta orang tua di rumah. 


Bagi keluarga muslim, buku ini sangat bagus karena membahas tahapan mendidik anak secara bertahap sesuai dengan fase-fase perkembangan anak dalam Al-Qur’an. Dimulai dari ikhtiar dan doa untuk memiliki keturunan, saat kehamilan, saat kelahiran, sebelum tamyiz (0-6 tahun), tamyiz hingga pra baligh (7-10 tahun), hingga baligh (9 tahun ke atas). Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan tips-tips penting saat anak marah, susah makan, tidak mau sekolah, dan permasalahan lainnya. Sebagai penguat, ada juga kisah-kisah orang tua teladan yang diadadikan dalam Al-Qur’an, seperti Nabi Ibrahim, Ibunda Hajar, Luqman Hakin, Maryam bintu Imron, Nabi Yakub, Nabi Zakaria, dan Nabi Syuaib. Kisah-kisah tersebut memberi kita inspirasi dan teladan sebagai orang tua dengan ujiannya masing-masing. Menariknya, ada cek list evaluasi diri untuk menjadi teladan bagi buah hati. Sudah seberapa siapkah kita menjadi teladan bagi anak-anak kita? Dan di bagian akhir disertakan juga beberapa doa wajib untuk kebaikan anak dan keluarga. 


Menurutku buku ini sangat direkomendasikan bagi para calon orang tua atau orang tua baru. Bagi yang sudah lama menjadi orang tua pun tak masalah yang penting mau belajar agar dapat mendidik putra-putrinya menjadi lebih baik. Bahasa yang digunakan penulis cukup ringan dan mudah dipahami. Penulisan bab juga sudah sistematis dan runut. Contoh yang diberikan juga sangat dekat dengan keseharian kita sebagai orang tua. Penulis juga menyertakan ayat Al-Qur’an dan hadis yang relevan dengan permasalahan yang dibahas karena pada dasarnya hal-hal penting tentang mendidik anak sudah ada referensinya dalam Al-Qur’an.


Buku yang cocok untuk menjadi bagian dari perpustakaan di rumah kita. Semoga kita sebagai orang tua dapat menjadi teladan yang baik bagi anak-anak kita sehingga dari keluarga akan membentuk pribadi anak-anak yang sholih dan sholihah, penyejuk hati orang tua. 



Rating : 4.5 / 5




No comments:

Post a Comment