Monday 9 October 2023

Review Buku : Perkumpulan Anak Luar Nikah

 


Judul buku : Perkumpulan Anak Luar Nikah

Penulis : Grace Tioso

Kategori buku : Fiksi

No. ISBN : 978-623-242-398-5

Halaman buku : 390 hal

Penerbit : Noura Books PT Mizan Publika

Tahun terbit : 2023


    Apa yang terbayang di benak teman-teman ketika sekilas membaca judul buku ini? Hehehe... Awalnya aku pun tertarik untuk membaca novel ini karena judulnya yang membuat penasaran. Aku membacanya pertama kali di platform aplikasi Rakata.id karena menjadi finalis Mizan Writing Boothcamp. Baru membaca bab awal, ceritanya membuatku terpikat dan ingin lanjut membaca bab selanjutnya. Cerita ini diunggah secara berkala di hari-hari tertentu, ah..rasanya jadi nostalgia membaca cerbung Bu Suri Dee Lestari  Aroma karsa dan Rapijali yang awalnya juga kubaca di platform. Ketika Perkumpulan Anak Luar Nikah (PALN) dibukukan, aku juga ikut senang akhirnya bisa menuntaskan rasa penasaranku karena di aplikasi cerita tidak diunggah secara full. Namun, kini selain terbit dalam versi cetaknya, PALN juga hadir dalam bentuk e-book berbayar di aplikasi rakata.id.

Sinopsis

    Novel ini menceritakan tentang Martha, seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Singapura bersama suami dan dua anaknya. Ronny, suaminya adalah seorang dosen di University of Singapore. Martha bersama sepupunya, Yuni membuat sebuah akun twitter bernama duolion163 yang membahas mengenai latar belakang maupun track record caleg di berbagai daerah untuk memudahkan masyarakat dalam menentukan pemimpin daerahnya. Martha yang merupakan alumni penerima beasiswa dari Singapura adalah salah satu mahasiswa yang pintar dan cerdas di bidang informatika. Permasalahan muncul ketika dalam blog lama Martha terdapat pernyataan bahwa ia pernah memalsukan dokumen untuk mendaftar beasiswa tersebut saat usianya 17 tahun. Dokumen yang ia palsukan adalah akta lahir. Mengapa? Karena dalam akta lahir asli tertulis bahwa ia anak luar nikah, yang membuatnya diejek oleh teman-temannya saat SD. Padahal ia adalah anak sah dari Mama dan papanya. Martha pun mendapat panggilan dari almamaternya, kemudian berlanjut ke sel tahanan dan pengadilan karena kasus tersebut yang sudah merebak di media Singapura maupun Indonesia. Hidup Martha menjadi berantakan. Rasa bersalah menghantuinya dan membuatnya ketakutan. Ia menghapus semua media sosialnya termasuk duolion karena banyaknya hujatan yang ia terima. Hubungan Martha dan suaminya pun semakin kacau. Namun ia memiliki sahabat sejak sekolah yaitu Linda dan Fanny yang selalu membantunya. Akankah Martha mampu menghadapi permasalahan tersebut? 

Historical Fiction

    Novel ini memiliki background story yang kuat karena merupakan alasan mengapa akta lahir Martha berbunyi "Anak Luar Nikah." Penjelasan tersebut bisa ditemukan secara jelas dalam artikel yang ditulis oleh Krisna, seorang wartawan yang sangat tertarik dengan kasus Martha. Dari wawancara Krisna dengan keluarga dan sahabat Martha, masyarakat akhirnya memahami mengapa Martha memilih untuk memalsukan akta lahirnya. Hal ini berkaitan erat dengan masa kepemimpinan orde baru dan pengaruhnya terhadap masyarakat keturunan Tionghoa, hingga puncaknya adalah kerusuhan 1998. Banyak keluarga chindo yang mengalami kesulitan, baik dalam pengurusan dokumen maupun dalam lingkup sosial karena ada diskriminasi. Namun demikian mereka tetap memilih untuk menjadi warga negara Indonesia. Membaca novel ini bagaikan membaca novel Pulang karya Leila S.Chudori yang juga memiliki background sejarah yang kental namun asyik dibaca. Penulis, Grace Tioso, merajut cerita sejarah dengan mengalir, tidak membosankan, lincah, dan sangat relevan dengan kehidupan saat ini. Bagiku novel ini tak hanya menyuguhkan cerita tetapi juga pengetahuan baru untukku sebagai pembaca.

Hal yang Menarik

    Jujur aku suka banget novel ini. Alur cerita ditulis dengan rapi, meskipun alurnya maju-mundur tetapi dengan adanya penanda tanggal, bulan dan tahun, pembaca dapat mengikuti dengan mudah. Tokoh dan karakter juga digambarkan sangat beragam dan kuat. Seperti halnya persahabatan Martha yang berasal dari keluarga Chindo dengan Rivai dan istrinya yang berasal dari keluarga muslim Jawa. Serta penggambaran oknum dalam birokrasi yang digambarkan dengan realistis. Novel ini juga mengaduk-aduk emosiku hingga mataku basah oleh air mata terutama menjelang akhir cerita. Ada perasaan sedih, haru, senang, cemas, penasaran saat membacanya. Bahasanya sangat mengalir dan rapi baik dari segi tata bahasa maupun tanda baca, sehingga pembaca merasa nyaman. Selain itu juga dilengkapi dengan visual seperti koran, twiter, atau blog yang membuat cerita semakin hidup dan terasa nyata. Selain itu jug terdapat plot twist yang tak tertebak yang membuatku sontak, ber"ohh...jadi gini."
Rating : 4,5 dari 5 bintang.

Kutipan Favorit 

Luo ye gui gen. Daun yang jatuh akan kembali ke akarnya. Sebuah petuah dalam bahasa mandarin bahwa penting untuk mengenal asal-usul dan tidak melupakan dari mana kita berasal. Kalimat yang dikatakan Krisna pada Linda ini mampu mengubah pemikiran Linda ke depannya.
Mengajar bukan hanya memberikan materi. Mengajar adalah menjadi teladan, berbagi pengalaman hidup, memberi kesempatan kepada generasi di bawahnya untuk melangkah melampaui dirinya. Forgiveness can give hope, a new life. (Ronny)

 Everyone has their season. When one person's season end, it doesn't mean the whole world also stops at the same time. 

 


No comments:

Post a Comment