Friday 27 October 2023

Domain Baru, Berkah di Hari Blogger Nasional

 


   Hari gini masih main blog? Hmmm….. Di tengah semakin maraknya media sosial berbasis audio visual saat ini, aku pernah merasakan keraguan, akankah masih ada orang-orang yang membaca blog? Bagiku pribadi, menulis di blog masih merupakan hal yang lebih menyenangkan daripada membuat konten audiovisual. Mengapa? Karena kita bisa menulis lebih leluasa dengan jumlah kata yang lebih banyak daripada media sosial lainnya yang memiliki ketentuan jumlah karakter. Selain itu, dalam blog kita juga bisa menyertakan link, foto, video, sehingga bisa membagikan lebih banyak informasi dalam satu postingan. Blog juga bisa menjadi sarana untuk mengembangkan bisnis dan menghasilkan pemasukan saat media sosial lainnya tidak lagi bisa diakses. Setelah mengikuti pelatihan dan komunitas blogger, aku menjadi lebih yakin bahwa masih akan tetap ada peluang bagi blogger untuk terus berkarya, menghasilkan cuan, dan memiliki pembaca selama orang-orang menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi yang dibutuhkannya. 


Awal Mula Menulis Blog


    Sejak tahun 2010 aku sudah mulai menulis di blogspot. Saat itu isi blogku berisi tentang curhatan, kontemplasi dan tugas kuliah yang berupa review dan opini. Untuk tugas kuliah, setelah kukumpulkan pada dosenku, aku mengunggahnya di blog untuk dokumentasi sekaligus portofolio. Aku berharap agar saat nanti di masa depan ketika aku merasa buntu dengan aktivitas menulisku, aku dapat membacanya kembali dan meyakinkan diriku bahwa aku pernah menulis dengan serius. Beberapa tahun kemudian aku masih mengisi blogku dengan cerita-cerita dan pengalaman sehari-hari yang aku anggap menarik, hingga kemudian blogku sempat vakum saat terlalu sibuk sebagai guru dan kemudian sebagai seorang ibu baru si masa pandemi. 


Titik Balik Ngeblog Lagi


    2023 merupakan titik balikku untuk aktif lagi menulis. Dengan berlatih konsistensi menulis bersama KLIP (Kelas Literasi Ibu Profesional) aku kembali menulis di blog atau di google docs. Awal tahun aku mengganti judul dan template blogku agar membuatku lebih bersemangat lagi. Sempat terpikir juga untuk menggantinya menjadi TLD (Top Level Domain). Aku pun bertanya kepada teman-temanku yang blognya sudah TLD, domain apa yang mereka gunakan. Setelah survey ke beberapa penyedia domain, akhirnya aku mendapat beberapa referensi. Namun demikian aku tidak bisa langsung mendaftar karena saat itu aku masih merasa belum saatnya menjadi prioritas. Fokusku lebih ke menulis dan mengumpulkan portofolio yang sempat terjeda di tahun sebelumnya. 


Upgrading Tentang Blogging


    Bulan Agustus lalu aku berinisiatif untuk mengikuti Kampung Bakat Ibu Profesional. Salah satu kabin yang disediakan adalah kabin blogging yang akan dimentori oleh beberapa blogger yang sudah profesional yang kami sebut ayunda guru, sedangkan para peserta disebut shiper karena kami mendapatkan gamifikasi sebagai penumpang kapal yang sedang berlayar di lautan ilmu. Sangat menarik!. Berikut ini adalah informasi tentang kampung bakat yang ditulis dalam blog ayunda kami https://michdichuns.com/kampung-bakat-di-ibu-profesional/

Kami mendapatkan yang dibagi ke dalam beberapa pertemuan setiap minggunya,  antara lain : 

  • Mengenal jenis blog dan cara membuatnya

  • Menentukan Niche Blog untuk personal branding

  • Cara menulis artikel yang menarik

  • Monetisasi blog

  • Optimasi Blog dengan SEO

  • Mempercantik blog agar SEO friendly (materi spesial ayunda tamu)


    Setelah mendapatkan materi kami juga harus menyelesaikan misi yang ditugaskan oleh ayunda agar kami dapat mempraktikkan secara langsung tentang materi yang telah diberikan. Aku merasa ilmu yang diberikan ini sangat membantuku untuk upgrading. Meskipun aku sudah lama menulis blog namun selalu ada hal baru yang aku dapatkan dan terapkan, salah satunya adalah tentang membuat Page About https://www.annarakhma.com/p/about.html 

    Saat ini perjalanan kami hampir selesai dan masih ada satu project tim kabin blogging yang sedang dalam proses pengerjaan. Meskipun aku belum bisa terlalu aktif terlibat dalam grup karena kesibukan lain, aku bersyukur masih bisa mengikuti materi dan mengerjakan misi. 


Bergabung dengan komunitas blogger 

    Salah satu tips yang diberikan oleh ayunda guru untuk para blogger pemula adalah mengikuti komunitas blogger. Sebenarnya aku sudah lama ingin sekali bergabung dengan salah satu komunitas blogger yang ada di Malang, yaitu Blogger Kodew Malang. Bulan Oktober ini aku secara tidak sengaja saat mengobrol dengan salah satu anggotanya yaitu Mbak Laily. Saat walking tour kayutangan Heritage bersama jelajah malang karena beliau adalah foundernya, aku bercerita kalau menulis blog juga dan tertarik untuk mengikuti komunitas BKM. Tak lama kemudian mendapatkan kesempatan untuk bergabung di grupnya. Aku pun sangat senang karena bisa mendapat banyak ilmu dan juga saling sharing dengan blogger-blogger keren Kota Malang. Meskipun saat itu blogku masih berstatus non tld alias blog gratisan dari blogspot, aku diperbolehkan mengikuti challenge OWOP (One week one post) yang diadakan oleh komunitas tersebut.


Mengganti Domain Menjadi TLD (Top Level Domain)


    Beberapa hari yang lalu aku memutuskan untuk membeli domain dari rumahweb 

Setelah mengikuti prosedur dan tutorialnya aku merasa ada yang tidak beres. Aku pun menghubungi call centernya dan aku harus menunggu propagasi 1 x 24 jam. Ternyata sampai keesokan harinya blog dengan domain baruku masih belum aktif. Hingga kemudian aku tersadar dengan kesalahan input data yang aku masukkan saat melakukan aktivasi. Jreengg..benar saja, tadi pagi saat aku membuka kembali ternyata blog dengan domainku sudah bisa diaktifkan. Alhamdulillah.

    Aku pun baru mengetahui bahwa hari ini ternyata adalah Hari Blogger Nasional yang diperingati setiap tanggal 27 Oktober. Masya Allah. Rasanya seperti mendapat berkah dan kado di Hari Blogger Nasional.  Harapanku semoga di Hari Blogger Nasional ini aku bisa menjadi lebih produktif dan juga semangat dalam menulis di blog. Tak hanya sebagai hobi, melainkan juga sebagai sarana berbagi ilmu dan menambah penghasilan. Semoga para blogger Indonesia semakin kreatif, semangat, dan sejahtera. 


Man Saara Ala Darbi Washala (مَنْ سَارَ عَلىَ الدَّرْبِ وَصَلَ)

“Siapa yang menapaki jalannya akan sampai pada tujuan”  




  



No comments:

Post a Comment