Friday 25 August 2023

Semarak Kemerdekaan HUT RI ke-78


Semarak kemerdekaan RI ke-78 di komplek rumahku cukup meriah. Kali ini adalah kali ke-2 aku mengikutinya dan juga sebagai penanda tepat 1 tahun aku menjadi warga di sini. Tahun lalu kami pindah saat awal agustus dan masih fase adaptasi saat perayaan agustusan. Pada tahun ini, karang taruna RT kami mengadakan lomba untuk anak-anak dan ibu-ibu, dimulai tanggal 11-13 Agustus di poros tengah pos RT 03. Lomba untuk anak-anak ada bermacam-macam, antara lain kardus goyang, rege derkuku, lari kardus, kepiting lokal, fetir, kapuk, lisa. Hahaha…nama-namanya unik ya. Sedangkan untuk ibu-ibu ada lomba paku njeleg, varalon air, es galon dan lari kardus. Dan puncaknya adalah lomba hias tumpeng pada malam barikan. Aku berpartisipasi dalam lomba varalon air dan membantu hias tumpeng menjadi tim hore tentunya. Hehehe. Seru sekali. Saat lomba-lomba banyak sekali anak-anak di komplekku tetapi saat hari-hari biasa kelihatan sepi. Mungkin karena sibuk bersekolah dari pagi sampai sore.


Rabu, 16 Agustus 2023, warga komplek kami sudah sibuk sejak siang untuk mempersiapkan malam barikan. Ibu-ibu sibuk mempersiapkan masakan dan menghias tumpeng lomba. Anak-anak karang taruna sibuk mempersiapkan dekor, acara,  dan hadiah-hadiah lomba. Malamnya setelah isya, kami berkumpul di poros tengah pos RT 03. Senang sekali rasanya bisa berbaur guyup rukun bersama para tetangga yang tak selalu bertemu setiap hari karena kesibukan masing-masing. Ada panggung yang ternyata adalah bak truk yang bisa dibuka tepi dan belakangnya. Aku saja jika tak diberi tahu suamiku mana nyadar kalau itu adalah truk. Kukira panggung betulan. Kreatif sih idenya. 




Acara dibuka dengan menyanyikan Indonesia Raya bersama, kemudian sambutan dan doa dari para sesepuh. Tak lupa penampilan puisi dan lagu dari ibu-ibu yang cetar membahana. Tak lupa yang ditunggu-tunggu adalah pengumuman lomba hias tumpeng dan Alhamdulillah dawis kami mendapat juara 1. Yeayyy!!! kreatif banget memang ibu-ibu senior di dawis kami. Setelah itu dilanjutkan pengumuman lomba ibu dan anak. Diselingi juga dengan undian doorprizes dan Alhamdulillah lagi keluargaku dapat 3 doorprize. Masing-masing keluarga memang mendapat jatah 3 kupon. Oh ya, selain itu ada juga sesi yang membuatku bangga dengan RT ini. Para ibu yang putra-putrinya menjadi panitia kegiatan (anak karang taruna) naik ke panggung, membacakan kalimat-kalimat apresiasi yang puitis serta mengharukan. Mereka mengucapkan banyak terima kasih kepada anak-anak yang di sela-sela kegiatan sekolahnya mampu bekerja sama untuk menyelenggarakan acara ini dengan baik. Anak-anak panitia yang malam itu mengenakan seragam putih abu-abu dan bahkan ada yang putih biru naik ke panggung dan mendapat bunga dari ibunya masing-masing. Terharu banget. I got new insight of parenting point here. Terima kasih adik-adik panitia, menurutku mereka sudah keren untuk membuat sebuah acara. Pasti mereka adalah anak-anak yang juga aktif di OSIS, ekskul atau organisasi mahasiswa. Beberapa dari mereka adalah mahasiswa bahkan ada yang sudah lulus, termasuk muridku yang menjadi tetanggaku. hehehe. So proud of them! 





Acara pun ditutup dengan makan-makan bersama seperti piknik di jalan. Nikmat sekali menyantap nasi kuning dengan aneka lauk yang enak-enak. Masya Allah. Eh pulang-pulang panitia masih membagikan snack untuk anak-anak kecil, Termasuk anakku yang setelah acara makan sudah tertidur karena jam sudah menunjuk pukul 9 lebih dan dimeriahkan dengan kembang api. 


No comments:

Post a Comment