Friday 25 August 2023

Review Buku - Toko Buku Kecil di Paris

 


Judul buku : Toko Buku Kecil di Paris

Penulis : Nina George
Kategori buku : Fiksi
No. e-ISBN : 978-602-03-9677-4
Halaman buku : 440 hal
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : 2017

Saya tertarik untuk membaca e-book ini di ipusnas karena blurb di cover belakangnya mengenai petualangan apoteker literatur. Wah profesi apa itu? Buku ini menceritakan tentang monsieur Jean Perdu yang memiliki toko buku kecil di sebuah perahu terapung di Sungai Seine. Selain menjual buku, monsieur Perdu juga meresepkan buku yang sebaiknya dibaca oleh pelanggannya, sesuai dengan permasalahan dan suasana hati yang mereka alami. Ia merasa bahwa buku dapat meringankan beban hidup orang-orang. Namun demikian ia justru tidak mampu menyembuhkan sakit hatinya sendiri selama bertahun-tahun. Petualangan Monsieur Perdu diawali saat ia membuka surat dari kekasihnya yang ternyata telah meninggal 20 tahun yang lalu. Ada rasa bersalah dan membuatnya mengangkat sauh bersama Max Jordan, penulis muda, menyusuri sungai ke Prancis Selatan, tempat asal kekasihnya. Dalam perjalanan ia bertemu dengan banyak teman baru, bahkan menemukan penulis favoritnya yang misterius. Banyak hikmah dan kebijaksanaan yang ia bagikan selama perjalanan itu. Hingga akhirnya ia mampu berdamai dengan kehilangan dan dirinya sendiri.

Buku ini seakan mengajak para pembaca juga untuk berpetualang menyusuri sungai dari Paris menuju Avignon. Kemudian berlanjut dengan perjalanan darat ke kota-kota di Prancis selatan yang indah, hangat, dan bersahabat. Cerita menarik dan tidak mudah ditebak. Alur yang disajikan maju-mundur namun tetap mudah untuk diikuti. Bahasa terjemahannya juga mudah dipahami meskipun ada beberapa istilah bahasa asing yang tetap dipertahankan untuk menguatkan karakter tokoh.

Di awal terdapat peta perjalanan, agar pembaca dapat memvisualisasikan. Di halaman akhir juga dilengkapi dengan resep masakan yang disebutkan dalam cerita karena ada tokoh seorang koki italia yang ikut dalam petualangan tersebut. Ada juga daftar referensi buku yang direkomendasikan oleh Perdu. Cocok bagi pembaca yang ingin berdamai dengan kehilangan, menyukai buku, dan petualangan.

Bintang 4 dari 5. Bravo!

No comments:

Post a Comment