Tuesday 29 August 2023

Review Buku : Rahasia Salinem



Judul Buku   : Rahasia Salinem
Penulis         : Briliant Yotenega
                       Wisnu Suryaning Adji
Kategori Buku : Fiksi
No ISBN :  9786239020903
Halaman buku : 387 halaman
Penerbit : Storial.co
Tahun terbit : 2019

Buku ini menceritakan tentang kisah perjalanan hidup Mbah Nem atau Salinem, seorang abdi dalem yang sangat setia dan memiliki karakter yang kuat. Cerita ini dimulai dengan setting waktu tahun 2013 di saat Mbah Nem meninggal dunia. Keluarga Mbah Nem yang diceritakan terdiri dari anak-anak dan cucu-cucunya yang berkumpul di rumah duka. Cerita tentang masa hidup Mbah Nem muncul karena Tio, salah satu cucunya, sangat penasaran dan ingin merasakan kembali pecel khas buatan Mbah Nem. Perjalanan Tio untuk menemukan resep cita rasa pecel tersebut, membuatnya bertemu dengan orang-orang dari masa lalu Mbah Nem sekaligus menguak rahasia keluarga yang belum pernah diketahuinya.  Rahasia tersebut semakin menguatkan rasa sayang anak dan cucunya meskipun ternyata mereka bukan berasal dari garis keturunan yang sama. 

Menurutku novel ini sangat menarik karena memiliki latar sejarah yang dipadu dengan latar masa kini. Alur yang digunakan maju mundur. Alur maju menceritakan tentang perjalanan Tio dan keluarganya untuk mencari resep bumbu pecel Mbah Nem. Sementara alur mundur menceritakan tentang keluarga Salinem, masa kecilnya, masa remaja, hingga berada di keluarga ini. Peristiwa - peristiwa sejarah seperti masa kolonial Belanda, Jepang, masa kemerdekaan, hingga pemberontakan tahun 1965 membuat kisah Mbah Nem terasa nyata dan penuh perjuangan. Nilai-nilai budaya jawa pun juga menguatkan karakter masing-masing tokoh yang hadir dalam kehidupan Mbah Nem, seperti adanya kalimat yang menggunakan bahasa jawa kromo, tembang jawa, unggah-ungguh dalam keluarga priyayi, dan suasana tempat tinggal yang digambarkan. 

Penulis dapat mendeskripsikan latar waktu, tempat, dan suasana dengan detail seakan pembaca juga diajak untuk berpetualang dengan mesin waktu. Benar-benar merasakan kesusahan saat masa perang, kebahagiaan saat pernikahan dengan adat jawa, keresahan pasca perang dan kelegaan saat mendapat tempat yang aman untuk melanjutkan hidup.  Dari karakter Mbah Nem banyak pelajaran hidup yang dapat diambil.seperti tentang kesetiaan dan rasa sayang pada keluarga, pengorbanan, kesabaran dan pantang menyerah walaupun hidup terasa berat. Sangat mengaduk-aduk emosi dan juga banyak kejutan yang tak terduga.

Cerita ini saya rekomendasikan bagi pembaca yang menyukai cerita fiksi berbalut sejarah, cerita perjuangan dan teka-teki. 
4 bintang dari 5 bintang!

ps : Saya membaca cerita ini di aplikasi storial secara gratis. Namun sayangnya saat ini platform storial sudah tidak lagi beroperasi. Turut bersedih dan saya ucapkan terima kasih banyak Storial. 

No comments:

Post a Comment