Friday 25 August 2023

Review Buku - Menjejak Andalusia



Judul buku : Menjejak Andalusia

Penulis :  Riana Garniati Rahayu dan Ibrahim Kholilul Rohman
Kategori buku : Non fiksi
No. ISBN : 978-623-00-0692-0 (pdf)
Halaman buku : 274 halaman
Penerbit : PT Elex Media Komputindo 
Tahun terbit : 2019

Buku ke-2 yang saya baca untuk tantangan membaca setiap hari bersama Ruang Baca Ibu @ruangibu2 adalah sebuah buku perjalanan berjudul Menjejak Andalusia. Buku ini saya temukan di ipusnas saat sedang mencari kata kunci Andalusia. Entah mengapa sejak dulu saya senang dan selalu penasaran dengan kisah dan sejarah peradaban kejayaan Andalusia.

Buku ini menceritakan pengalaman Mbak Riana dan suaminya yang tinggal di Sevilla. Selama 3 tahun di Spanyol, mereka melakukan perjalanan ke berbagai kota dan mengeksplor sejarah serta bangunan yang memiliki cerita dari masa kejayaan Islam di andalusia. Tentang keindahan Alcazar, Istana Alhambra, Mezquita, La Giralda, Gibraltar, dan lain-lain. Ada cerita tentang Sevilla (Isybiliyya), Cordoba (Qurthuba), Toledo (Thulaythulah), Jaen (Khayyan), Ronda (Rundah), dan Granada (Garnathah). Cerita-cerita tersebut terasa mengalir dan dilengkapi dengan foto-foto yang cantik, membuat para pembaca seakan diajak berjalan-jalan. Ada juga kisah tentang orang-orang yang mereka temui dan menginspirasi dengan perjuangan dan kontribusi mereka untuk menghidupkan kembali kejayaan Islam. 

Berkali-kali saya merasa takjub, bahagia, rindu, termenung, dan bersyukur kala membaca rangkaian kisah demi kisah. Hati saya terasa hangat saat membaca halaman demi halaman. Ada banyak hikmah yang bisa diambil dalam setiap perjalanannya. Di setiap akhir sub babnya juga disertakan terjemahan ayat Al-Qur'an dan hadist yang relevan dengan situasi yang ditulis. Saya merasa sangat senang bahwa buku ini menjawab rasa penasaran saya tentang sejarah kejayaan Islam di Andalusia yang ditutup-tutupi. Riset yang dilakukan juga tak main-main dengan narasumber yang terpercaya.

Maka tak berlebihan jika saya memberi rating 5 dari 5 bintang.
Terima kasih banyak mbak @rianagr
dan suami yang telah berbagi ilmu dan pengalamannya ☺️ Ditunggu kisah-kisah inspiratif selanjutnya.

No comments:

Post a Comment