Tuesday 30 May 2023

Ceria Bersama Rasberi Cooking Class


Pada hari Minggu, 2 April 2023, Azkiya mengikuti kegiatan cooking untuk anak-anak yang diselenggarakan oleh Ibu Profesional Malang Raya (IPMR). Cooking class bertema membuat hidangan dan minuman untuk berbuka puasa ini merupakan rangkaian Rasberi (Ramadan Asyik Berkah Ceria). Kegiatan yang diadakan di nutrihub Jalan Besar Ijen nomor 91b ini dipandu oleh Kak Nailir dan narasumber Kak Rella Shaliha kampung komunitas IP Malang Raya. Sekitar 25 peserta yang terdiri dari putra-putri member IPMR memeriahkan acara ini. Wah pasti seru banget tuh, apalagi anak-anak sudah excited sebelum acara dimulai. Hehehe.

Sebelum mulai acara, anak-anak dibagi dalam beberapa kelompok mengikuti pembagian kursi dan meja secara melingkar 3-4 anak, seperti di cafe. Alat dan bahan sudah disediakan oleh panitia. Ada tepung sagu sangrai, coklat bubuk, susu kental manis coklat, dan gula halus. Wah mau membuat makanan apa nih adik-adik? Ternyata mereka akan membuat bola-bola coklat bersama Kak Rella. Sebelum memulai pengarahan, Kak Rella memutarkan video cara pembuatannya di televisi yang ada di nutrihub. Kemudian beliau menjelaskan tahapan demi tahapan untuk membuat bola coklat. Di masing-masing kelompok juga ada perwakilan ibu-ibu member IPMR yang membantu untuk menguleni adonan. Sementara anak-anak membantu mencampur bahan-bahan dan membuat bulatan berupa bola coklat. Bagi anak-anak terutama yang masih balita, aktivitas membuat bola-bola ini seperti latihan sensory play. Seru dan menyenangkan. Di sini mereka juga belajar untuk bergantian dan bergiliran mengambil adonan untuk dijadikan bulatan bola. Setelah bola coklat selesai dibentuk, mereka mendapat bagian di toples kecil dan diberi nama kemudian dimasukkan ke kulkas nutrihub agar membeku lebih cepat dan tidak lumer. 

Setelah membuat bola coklat, mereka mendapat bahan dan alat baru lagi untuk membuat minuman. Masing-masing anak mendapat botol plastik kecil, nutrisari rasa jeruk, yakult, nutrijel dan susu kental manis. Hmmm….membayangkannya saja sudah segar ya bun..apalagi di siang hari di bulan puasa, hehehe. Sama seperti sebelumnya, Kak Rella memandu langkah-langkah pembuatan minuman segar untuk takjil. Panitia membantu anak-anak untuk mencampur nutrisari dengan air hangat supaya lebih mudah tercampur. Setelah itu anak-anak memasukkan yakult, jeli, dan susu kental manis ke botol masing-masing. Anak-anak sangat senang. Mereka mendapat tantangan untuk membuat lagi di rumah sesuai kreativitas mereka masing-masing. 


Setelah aktivitas cooking class, semua peserta berfoto bersama sambil membawa hasil karyanya di teras nutrihub. Para ibu tak hanya mendampingi putra-putrinya saja tetapi dapat juga berbelanja di stand KIPMA di teras nutrihub yang menjual dagangan para saudagar KIPMA. Ada berbagai macam makanan dan minuman, seperti keripik, frozen food, jamu segar, es gabus, soes kering aneka rasa, coklat, kue kering, dan lain-lain. 


Alhamdulillah, Azkiya senang sekali ikut acara cooking class bersama teman-teman. Tampaknya ia sudah mulai terbiasa dan nyaman bertemu dengan teman-teman baru dan juga teman-teman ibunya. Acara seperti ini tak hanya dapat menambah wawasan dan ketrampilan anak-anak, tetapi juga melatih anak agar lebih berani dalam bersosialisasi. Terima kasih banyak Rasberi Ibu Profesional Malang Raya. 


No comments:

Post a Comment