Monday 22 May 2023

Café Pédagogique

 

Rabu, 10 Mei 2023 aku mendapat undangan dari IFI (Institut Francais Indonesie) Surabaya untuk mengikuti formation dengan tema "Café pédagogique" . Formation atau pelatihan kali ini cukup singkat, hanya diselenggarakan sehari dari jam 13.00 - 16.00. Pelatihan ini diselenggarakan di IFI Surabaya dengan pemateri David Cordina dari CLE International yang merupakan salah satu penerbit buku pengajaran bahasa Prancis di Prancis. Tentu saja aku merasa excited karena sudah 4 tahunan aku tidak ke IFI Surabaya dan sekitar 3 tahunan tidak mengikuti pelatihan tentang pengajaran bahasa Prancis secara tatap muka. Begitu bertemu dengan para kolega dari berbagai macam instansi seperti UB, Unipdu, IFI, KBA UMM, Polinema, rasanya seperti reuni. Aku dan Pipit mewakili Mayantara School sebagai salah satu lembaga yang juga mengajarkan bahasa Prancis. Para kolega ini ada yang awalnya adalah guruku, muridku, adik kelasku dan juga teman yang mengikuti pelatihan bersama sejak dulu. What a wonderful circle. 



Tak terasa sudah 10 tahun aku mengajar bahasa Prancis. Walaupun tempat bekerjanya nomaden hehe. Dari universitas, SMA, lembaga kursus, sampai akhirnya secara online di rumah. Semua pengalaman tersebut tentu saja ada plus minusnya. Namun memiliki kesamaan yaitu ketika berbagi ilmu rasanya membahagiakan dan bersemangat. Banyak yang beranggapan bahwa setelah aku memutuskan untuk resign dari SMA, aku sudah tidak mengajar lagi. Alhamdulillah aku masih mengajar dengan fasilitas online yang diberikan oleh Mayantara School. Masya Allah.

Kembali ke pelatihan di IFI, kami tiba di sana jam 12.30 dan mendapat sambutan yang hangat. Ada minuman teh, kopi, croissant, dan quiche, sebagai jamuan pembuka sebelum memulai sesi pelatihan. Dalam sesi pelatihannya, Monsieur David menjelaskan tentang beberapa hal penting dalam pengajaran bahasa Prancis. Beliau adalah pengajar bahasa Prancis yang tinggal di Hongkong. Selama beberapa hari mengadakan pelatihan dimulai dari IFI Jakarta, Bandung, Jogja, Malang dan Bali. Monsieur David sangat ceria dan menyenangkan dalam memberikan pelatihan sehingga kelasnya terasa hidup. Duduk di bangku siswa dalam kelas sambil mendengarkan penjelasan rasanya seperti kembali menjadi mahasiswa. Buatku yang sehari-hari lebih banyak berjibaku dengan aktivitas domestik, suasana seperti ini bagai refreshing. Merefresh kembali ingatan-ingatan tentang teori pengajaran serta update ilmu dan membuatku lebih bersemangat untuk mengajar. Selain itu, monsieur David juga memperkenalkan buku baru yang digunakan untuk mengajar bahasa prancis. Keren.. berharap dapat gratis satu per satu hahaha tapi nggak mungkin juga. Di akhir pelatihan kami berfoto bersama dan mendapat makanan untuk makan malam nanti di kereta. 



Sebelum pulang, aku bertemu dengan direkturku dulu saat pertama kali bekerja di Jombang. Masya Allah..seneng banget setelah bertahun-tahun tak jumpa. Alhamdulillah semoga bisa silaturahmi lagi ke sana dengan keluarga. Kami juga diantar ke stasiun untuk mengejar jadwal kereta maghrib menuju Malang. Seru sekali pengalaman hari itu seperti mengenang some good old days di zaman masih single. Terima kasih untuk suami, anakku dan keluargaku yang  sudah bekerja sama untuk memberikanku cuti sehari hehehe.  



No comments:

Post a Comment