Thursday 30 March 2023

Kunjungan Museum Zoologi Bersama RAMA

 Minggu, 5 Maret lalu, aku mengajak anakku untuk mengikuti kegiatan kunjungan museum zoologi bersama RAMA (Read Aloud Malang Raya). Museum zoologi Frater Vianney berlokasi di Jl. Mahameru VE 7 Tidar No.10, Doro, Karangwidoro, Kec. Dau, Kota Malang, Jawa Timur 65146   https://goo.gl/maps/1Y61tJweJUfQJXnu7  Cukup jauh jaraknya dari rumah kami dan saat itu kami datang agak terlambat, untungnya pas datang pas foto bersama sebelum memulai tour de musee hehehe.


Setelah itu, kami memasuki museum dengan dipandu oleh guide sehingga kami tak hanya melihat-lihat koleksi museum saja tetapi juga mendapatkan informasinya tentang koleksi satwa yang diawetkan tersebut. Namun sayangnya sebagai emak-emak yang riweuh dengan anak-anak yang ingin lari sana-sini dan mendokumentasikan momen, aku kurang bisa maksimal mendengarkan penjelasannya. Ada banyak sekali koleksi satwanya, seperti kerang, tulang ikan pari, harimau, singa, elang, ular, penyu, iguana, rusa, dan sebagainya. Anak-anak sangat senang karena bisa melihat satwa dari dekat. Mereka terkesima dengan satwa berukuran besar yang sangat jarang ditemui di kehidupan sehari-hari dan biasanya hanya ditemukan di buku ataupun video.  Museum ini terdiri dari 2 lantai. Lantai 2 areanya lebih luas dan dapat digunakan untuk pembelajaran karena ada juga beberapa kursi lipat yang bisa digunakan seperti dalam kelas. Wah sangat menarik ya belajar biologi langsung di museum ini. Azkiya sangat excited melihat - lihat koleksi satwanya. Senang sekali bisa mengenalkannya meskipun belum belajar secara detail, ia bisa menyebutkan nama-nama hewan yang ada di sana. Anak senang, ibu juga senang. 








 







Setelah puas berkeliling museum, kami menuju ke kandang ular kobra dan iguana. Kali ini yang asli dan masih hidup lho. hmm.. nggak difoto karena enak merinding hehehe. Anak-anak malah penasaran dan ingin memegang iguana yang dipegang oleh guide kami. Azkiya kelihatannya penasaran tapi dia mah takut nggak berani memegang iguananya. 

Kemudian kami menuju taman. Iya di sana juga ada taman rumput dengan pohon-pohon pinus dan beberapa permainan anak. Para panitia sudah mempersiapkan alas duduk dan menata makanan. Wah banyak sekali hidangan saat itu, ada aneka kue, lauk, sayur, buah, kerupuk, dan minuman. Yeayyy we're ready for picnic! Azkiya sangat senang karena baru kali ini ia piknik as she said "pimik" hahaha. Tak hanya menikmati hidangan yang dibawa oleh para peserta playdate siang itu, kami juga mendengarkan cerita yang dibawakan oleh Kak Ririn tentang seekor monyet dan makanannya yaitu pisang. Kak Ririn keren banget deh read aloudnya. Anak-anak sangat terkesima dan senang sekali. Tak hanya membacakannya saja tetapi Kak Ririn juga berinteraksi dengan para audiens yang membuat kami jadi semakin bersemangat. Seru banget pengalaman read aloud sambil piknik ini. Setelah sesi read aloud selesai ada juga sesi kuis dan perkenalan para member. Anak-anak asyik bermain dan makan kue. Acara siang itu ditutup dengan makan bersama. Masya Allah nikmat banget memang. Apalagi udaranya juga sejuk dan suasananya rindang. Semua makanan terasa enak dan suasana pun lebih guyup. Anak-anak juga senang bisa berlarian di atas rumput. What a lovely experience. Terima kasih Read Aloud Malang Raya. 



No comments:

Post a Comment