Tuesday 28 March 2023

Kelas Tahsin Juz 'Amma


 

Alhamdulillah..akhirnya kami bisa lanjut ke kelas tahsin Juz Amma dan menyelesaikannya meskipun aku harus izin 1 kali meeting karena bersamaan dengan undangan acara francophonie. Masya Allah..beruntung sekali bisa belajar membaca surat - surat pendek di Juz Amma dengan benar. tentunya masih bersama dengan Miss Fya dan teman-teman kelas tahsin Al-Fatihah. Ada sekitar 10 orang dalam kelas ini. Ada 4 meeting selama 2 minggu, yaitu pada hari Senin dan Rabu pagi dan 1 meeting untuk tes hafalan. Berada di kelas ini bersama para sisterfillah membuatku bersemangat dan termotivasi untuk terus belajar dan memperbaiki bacaan.


Di kelas ini kami belajar tajwid, menirukan ayat yang dibaca, tahsin satu per satu. Surat yang kami pelajari antara lain, An-nas, Al-Falaq, Al-Ikhlas, Al-Fiil, Al-Insyirah, Adh-Dhuha, dan Asy-Syams. Target akhir dari kelas tahsin ini bukan hanya sekadar membaca dengan benar saja tetapi juga dapat menghapal surat-surat tersebut. Wow,,challenging!. Alhamdulillah aku sudah hapal untuk surat-surat tersebut kecuali Surat Asy-Syams. Ternyata cukup panjang juga. Miss Fya juga selalu sabar membetulkan bacaan kami yang kurang tepat, baik tajwidnya, makhorijul hururfnya maupun panjang pendeknya. Dan seperti kemarin kami juga mendapat jurnal untuk evaluasi. 


Menjelang sesi terakhir, aku berusaha untuk menghafalkan Surat As-Syams menggunakan Al-Qur'an terjemahan per kata dan berwarna. Namun rasanya cukup sulit apalagi ayat 10 ke atas. Ayatnya mirip-mirip dan panjang-panjang.  Akhirnya tiba saat tes hafalan di tanggal 20 Maret. Tes hafalan dilaksanakan satu per satu dengan teknik sambung ayat dan melengkapi ayat yang hilang. Masya Allah ..deg-degan banget rasanya. Satu per satu ayat yang kami pelajari keluar dan Alhamdulillah aku bisa menjawab namun pada saat sambung ayat Surat Asy-Syams ternyata dapat yang ayat 10 ke atas. Ya Rabb..nge-blank! Perasaan belum ada 30 menit tadi masih proses menghafal kok ya pas tes menguap semua. Hiks! Alhasil ada 1 soal yang tak terjawab dalam tes tersebut. Emang harus banyak latihan dan menghafal. Semoga Allah mudahkan kita semua untuk belajar, menghafal, memahami dan mengamalkan Al-Qur'anul Karim. 


No comments:

Post a Comment