Tuesday 7 March 2023

Belajar Digital Parenting


Sabtu, 25 Februari 2023 lalu aku mengikuti acara seminar yang berjudul "Digital Parenting." Acara ini diadakan oleh Hijab Mom Community Malang di Umm Al-Qura dan mengundang Mbak Mawar Firdausi sebagai pemateri. Aku mengenal mbak Mawar karena sesama member IP Malang Raya. Aku juga sering melihat postingan Mbak Mawar di instagram sebagai ibu dari 5 orang anak. Keren dan inspiratif.

Sayangnya aku ketinggalan acara dari awal dimulai karena aku datang terlambat. Cukup ruwet memang saat pagi itu sehingga rasanya belum berangkat saja rasanya aku sudah capek. Syukurlah saat aku tiba, ternyata belum lama dimulai sehingga aku tidak terlalu tertinggal banyak.


Mbak Mawar menjelaskan tentang tipe-tipe parenting melihat dari dampak penggunaan gadget untuk anak-anak. Ada orang tua yang benar-benar melarang anaknya menggunakan gadget dan ada yang memperbolehkan dengan durasi yang sesuai anjuran IDAI untuk usia-usia tertentu. Memang penggunaan gadget untuk anak-anak rawan sekali karena banyak konten yang tidak sesuai dengan usia anak, selain itu juga ada dampak radiasi pada mata dan juga kepribadian anak jika terlalu lama terpapar gadget. Bahkan bagi balita juga dapat menyebabkan tantrum dan speech delay. Oleh karena itu orang tua perlu mengawasi dan memenej penggunaan gadget untuk anak, misalnya menggunakan gadget hanya saat weekend. 


Namun demikian, kita tak dapat memungkiri selain ada dampak negatif, penggunaan gadget juga memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Beliau mencontohkan dengan penggunaan google lens dalam melakukan pengamatan tumbuh-tumbuhan, bunga, dan hewan saat eksplorasi bersama anak-anak di taman. Orang tua dan anak bersama-sama belajar. Selain itu juga terdapat berbagai games dan video yang juga bermanfaat untuk pembelajaran anak, misal tentang coding, strategi, atau phonic bagi balita. 

Hal yang dapat disimpulkan adalah bahwa kita sebagai orang tua juga harus mengikuti perkembangan dunia digital agar kita dapat mengawasi dan memfilter apa saja konten yang baik dan tidak baik untuk anak. Sebagai orang tua kita juga harus memberi contoh yang baik dengan tidak terlalu sering dan lama menggunakan gadget saat membersamai anak. Peranan orang tua dalam memberikan ketegasan penggunaan gadget juga penting agar anak dapat memiliki kontrol diri yang baik dan tidak mudah tantrum. 



Acara ini ditutup dengan make up class dari wardah sebagai sponsor dengan demo make up untuk sehari-hari. Selain itu juga ada banyak stand bazaar makanan, minuman, dan periksa mata. Tentu saja yang tak kalah meriah adalah sesi tanya jawab, kuis, pembagian doorprize dan foto bersama. Alhamdulillah senang sekali karena selain mendapatkan ilmu dan hadiah, acara ini juga menjadi sarana silaturahmi dengan teman-teman member IPMR yang juga menjadi peserta dan panitia.



Alhamdulillah juga si kecil Kiya cukup anteng dari awal sampai akhir acara, walaupun terlihat agak bosan. Untung saja ada cemilan-cemilan dan buku untuk mengalihkan. Oh ya, kami juga dapat poster edukatif keren dari kiddilabz. 


Terima kasih mbak Mawar, HMC, wardah, dan para sponsor. 



No comments:

Post a Comment