Tuesday 14 March 2023

Belajar Bahasa Arab Lagi




 Bulan Februari lalu aku melihat adanya pemberitahuan di IG tentang kelas bahasa arab gratis di Rumaysho academy. Aku pun bersemangat dan tak lupa untuk sering-sering mengecek info postingan akun tersebut agar tak ketinggalan. Akhirnya setelah kelas dibuka, aku pun mendaftar di webnya dengan nama kelas Durusul Lughoh. Mengapa aku tertarik untuk mengikuti kelas bahasa arab lagi? Aku tambahkan kata lagi karena memang sebelumnya, pada saat mengaji di TPQ aku pernah belajar bahasa arab dan pada saat SMA kelas X juga mendapat pelajaran bahasa arab namun hanya sebentar. Walaupun demikian aku masih kurang bisa mengaplikasikannya dan banyak kosa kata yang lupa. Kadang aku merasa malu, aku bisa mengajar bahasa asing lainnya namun aku tak paham dengan bahasa arab yang merupakan bahasa Al-Quran. Aku berharap dengan belajar bahasa arab aku bisa lebih memahami dan mendalami Al-Quran dengan lebih baik. Selain itu aku juga ingin bisa mengajarkannya untuk anakku karena aku berencana untuk mendaftarkannya ke sekolah yang nantinya mengajarkan bahasa arab juga. Terlebih lagi sebagai salah satu persiapan untuk ibadah umroh/haji ke tanah suci. Aamiin Ya Robbal`alamiin semoga bisa terwujud suatu hari nanti.


Aku mengira pembelajaran tersebut via zoom, ternyata digrupkan dalam telegram dan diikuti oleh ribuan orang. Pembelajaran diberikan secara mandiri dengan rekaman youtube per pekan ada 3 rekaman, masing-masing berdurasi sekitar 45 menit. Setelah itu nantinya akan ada evaluasi di web. Pada pelajaran pertama dan kedua aku sangat bersemangat. Menyimak penjelasan ustaz M. Abduh Tuasikal sambil mencatat. Alhamdulillah penjelasan beliau sangat mudah dipahami karena diberikan dari dasar dan secara bertahap. Sambil praktik menirukan lalu mencatat dan berlatih. Aku pun juga sekaligus berlatih untuk menulis dengan huruf arab lagi. Tulisanku terasa kaku dan aku merasa kurang bagus tapi nggak masalah yang penting dilatih agar terbiasa. 


Menginjak untuk menyimak materi ke-3 rasanya berat sekali. Bukannya berat karena tidak mau belajar, keinginan untuk belajar itu selalu muncul tetapi waktu dan kesempatan untuk menyimak selalu dikalahkan oleh kesibukan lainnya atau iklan dari duo fans ku di rumah. Hahaha. Kesempatanku untuk fokus adalah saat tengah malam atau pagi-pagi sebelum anakku bangun. Kadang juga rasanya sudah lelah. Hmmm…padahal waktu belajar sangat fleksibel. Hari ini Alhamdulilah aku bisa melanjutkan menyimak pelajaran ke-3 dan di awal pembelajaran ustaz seakan tahu bahwa salah satu santri online nya ini mbeler. Beliau mengingatkan bahwa mempelajari sesuatu itu tak boleh setengah-setengah. Harus tuntas dan bertahap. Jangan menghabiskan waktu untuk mengulang-ulang kelas yang sama. Kadang aku merasa tidak punya waktu, sebenarnya bukannya kita tak punya waktu, melainkan kita yang kurang bisa memenej waktu dengan baik. Akhirnya ketinggalan seperti aku. Padahal admin sudah membagikan materi hingga pelajaran ke-12 dan sudah harus mengerjakan 4 evaluasi. Namun aku belum mengerjakan evaluasi sama sekali. Di grup tele sudah ramai sekali. Alhamdulillah kami masih diberi tenggat waktu untuk menyimak dan mengerjakan sampai tanggal 26 Maret. Setelah itu akan dilanjutkan lagi dengan pelajaran ke-13. Bismillah..semangat mengejar ketinggalan untuk belajar. Semoga dimudahkan oleh Allah untuk menyelesaikan dengan baik apa yang aku mulai. Aamiin. 

No comments:

Post a Comment