Wednesday 8 February 2023

Tentang Target 2023

 



You don't have to be a fantastic hero to do certain things — to compete. You can be just an ordinary chap, sufficiently motivated to reach challenging goals.” — Edmund Hillary


Demikianlah sebuah kalimat penuh motivasi yang aku temukan di sebuah laman tentang quotes untuk mencapai tujuan atau target. Klik di sini:  75 Quotes About Achieving Goals To Inspire and Motivate You | Indeed.com


Sejak SMA aku memang senang membaca quotes atau kalimat-kalimat motivasi dan inspiratif, terutama saat aku merasa down atau saat sangat membutuhkan dukungan. Aku akan meminjam buku di perpustakaan dan mencatat kalimat-kalimat dari orang-orang sukses di binder yang setiap hari kubawa. Saat aku membutuhkan semangat, aku bisa membukanya kapan saja. Orang bilang, kata-kata positif akan membuat pikiran kita positif. demikian juga sebaliknya dengan kalimat negatif. Sebegitu berpengaruhnya sebuah kalimat terhadap pola pikir dan keseharian kita. 


“Kamu tidak harus menjadi seorang pahlawan fantastis untuk mengerjakan hal-hal tertentu - untuk sukses. Kamu bisa hanya dengan menjadi orang biasa yang cukup termotivasi untuk meraih tujuan yang sulit.” Mungkin begitulah terjemahan bebas dari quotes yang dikemukakan oleh Edmund Hillary. Beliau adalah seorang pendaki New Zealand yang berhasil mencapai puncak Gunung Everest, puncak tertinggi di dunia pada tahun 1953 bersama pemandunya, Tenzing Norgay. Dengan kegigihan dan kerja kerasnya, mereka menjadi manusia pertama yang menginjakkan kakinya di puncak dengan ketinggian 8.848 mdpl tersebut. 


Seperti halnya dalam keseharian kita, dengan adanya target atau goals akan membuat hari-hari kita menjadi lebih semangat dan bermakna. Di tahun 2023 ini targetku adalah meningkatkan konsistensi dan komitmen dalam menulis, baik fiksi maupun nonfiksi. Membuat karya berupa buku solo atau rutin mengisi blog, adalah output yang ingin aku realisasikan. Dengan mengikuti KLIP ini, aku punya target untuk mendapatkan badge “Excellent”. Alhamdulillah di bulan pertama aku berhasil. Aku berharap semoga bisa istiqomah di bulan-bulan selanjutnya atau bahkan lebih baik. 


Selain target dalam menulis, target lainnya adalah belajar tahsin dan bahasa arab. Mengapa aku memiliki target tersebut? Karena aku ingin membaca Al-Quran dengan lebih baik dan memahami bahasa arab dengan baik supaya nantinya dapat mengajari putriku. Oleh karena itulah aku berusaha untuk membekali diriku dengan ilmu yang nantinya akan aku ajarkan padanya. Alhamdulillah kelas tahsin sudah dimulai dan kelas bahasa arab akan dimulai juga bulan ini. Beruntung saat ini semua pembelajaran bisa diakses melalui internet dari rumah, dengan waktu yang fleksibel sehingga sangat memudahkan bagi emak-emak yang rempong dengan balita. Oh ya, target lain yang ingin kucapai berhubungan dengan putriku di tahun ini adalah lulus toilet training. Bismillah semoga tahun ini dimudahkan prosesnya dan minim drama. Target tuntas membaca buku juga termasuk ke dalam targetku. Entah sejak kapan aku jadi jarang menuntaskan buku yang sudah kumulai tapi jarang kuakhiri. 


Untuk mencapai target-target tersebut aku bersyukur mendapatkan dukungan dari keluarga dan juga memiliki kawan-kawan seperjuangan. Teringat sebuah african proverb, “If you want to go fast, go alone. If you want to go far, go together.” Terima kasih telah saling bergandengan tangan untuk mewujudkan target-target kita. Tak perlu membandingkan target kita dengan target orang lain. Cukuplah kita bandingkan dengan diri kita sendiri saat ini dengan di masa lalu dan semoga esok lebih baik lagi. Bon courage!


No comments:

Post a Comment