Monday 20 February 2023

Kelas Tahsin Al-Fatihah

 



Di awal tahun aku sempat bertanya-tanya tentang kegiatan tahsin kepada temanku. Aku mendapat info tentang kelas tahsin yang dibuka saat itu. Namun ternyata kegiatannya
offline dan tempatnya agak jauh dari rumahku. Selain itu juga diselenggarakannya setiap weekend. Aku pun mempertimbangkan lagi karena banyak hal yang harus dipersiapkan termasuk materi dan waktu. 


Namun ternyata, jika kita niatkan untuk kegiatan yang baik, Allah akan memberikan jalan. Tak lama setelah itu, aku mendapat kabar bahwa sahabatku, Miss Fya, berencana untuk membuat kelas tahsin secara online via zoom meeting khusus akhwat. Aku pun penasaran dan menanyakan beberapa hal terkait pendaftaran. dan program tahsinnya. Alhamdulillah gayung pun bersambut, aku mendaftarkan diri  karena menurutku cocok untuk emak-emak yang ingin belajar tapi sulit mobile sepertiku ini. 


Kelas tahsin Al-Fatihah ini diadakan sebanyak 4 kali pertemuan yang dimulai tanggal 6 Februari dan berakhir pada tanggal 15 Februari 2023. Sebelum kelas dimulai, kami mendapatkan penjelasan roadmap tentang apa saja yang akan kami pelajari dalam kelas ini dan kelanjutan kelas seperti kelas juz amma dan Quran Journaling. Wah, menarik!  


Dalam kelas tahsin Al-Fatihah kami mempelajari makhorijul huruf, tartil dan tajwid. Untuk pembahasan makhorijul huruf kami pelajari bertahap kemudian menirukan dan selanjutnya diaplikasikan ke dalam bacaan Surat Al-Fatihah, lalu ditirukan oleh para peserta kelas. Miss Fya sangat sabar dan telaten mengajari kami. Bacaannya bagus dan cara mengajarnya juga menyenangkan. Kami dibetulkan jika ada bacaan yang belum tepat, diapresiasi jika sudah lebih baik dan kami mendapat evaluasi tertulis dalam jurnal dari tahsin one by one yang kami lakukan tiap pertemuannya. Para peserta selalu antusias dan punya progress yang baik di setiap pertemuannya. Masya Allah..seneng banget pokoknya. 






Alhamdulillah banyak insight yang kami dapatkan dari kelas Tahsin Al-Fatihah ini. Buatku pribadi, ternyata selama ini banyak makhorijul huruf yang belum tepat pelafalannya. Aku merasa malu karena selama ini mengajar pelafalan huruf dalam bahasa asing namun untuk makhorijul huruf dalam membaca Al-Quran saja masih ada yang belum tepat. Evaluasi yang diberikan oleh Miss Fya, aku praktikkan dan biasakan dalam solat maupun mengaji. . Harapanku nantinya semoga aku bisa mengajarkan pelafalan makhorijul huruf yang tepat untuk anakku, baik dalam mengaji Al-Quran maupun membaca doa harian agar mudah dalam menghafal. Semoga bisa menjadi amal jariyah terus mengalir nantinya. Bismillah semoga bisa melanjutkan ke kelas tahsin Juz Amma dan istiqomah. 



Jazakillahu khoiron katsiron Miss Fya. 







No comments:

Post a Comment