Wednesday 25 January 2023

Wisata Belajar ke Kampung Wisata Keramik Dinoyo bersama Si Kecil

 



Kampung Wisata Keramik Dinoyo merupakan sentra pembuatan keramik di Kota Malang yang berlokasi di Jalan M.T Haryono 9 No.336, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang. Kampung Wisata Keramik Dinoyo

Berikut ini adalah link websitenya

https://kampoeng-wisata-keramik-dinoyo.business.site/?utm_source=gmb&utm_medium=referral


Pada tanggal 23 Oktober lalu, aku bersama Si Kecil dan teman-teman member IP Malang Raya mengunjungi Kampung Wisata Keramik Dinoyo sebagai bagian dari road to Jelajah Cita-Cita 3, yaitu mengenalkan profesi pengrajin keramik. Selain itu kami juga memberi kesempatan pada anak-anak untuk berkreasi melukis gelas untuk tempat pensil yang terbuat dari keramik. Harga tiket yang dikenakan adalah Rp 35.000 dengan fasilitas mendapatkan study tour mulai tentang cara membuat keramik, proses pengolahannya, hingga pewarnaannya. Anak-anak juga mendapatkan sebuah gelas dari keramik untuk dilukis. Alat dan cat sudah disediakan di sana. Anak-anak tentu saja sangat excited, tak terkecuali Si kecil Azkiya sebagai peserta terkecil hihihi karena disarankan untuk usia 4 tahun ke atas. Namun karena Azkiya suka sekali memegang kuas dan sudah kenal dengan melukis, dia sangat senang. 


Sebelum mulai melukis, anak-anak mendapat pengarahan dan penjelasan tentang bahan pembuatan keramik dan proses membuatnya. Tak hanya anak-anak yang tertarik tetapi para bunda juga terlihat antusias. Sayangnya karena jumlah anak yang ikut cukup banyak jadi berjubel di ruangan produksi yang agak sempit. 



Untuk tempat melukis ternyata yang dipakai adalah sebuah rumah yang memang digunakan untuk kegiatan dan juga mendisplay keramik yang sudah jadi. Pengunjung selain mendapat kesempatan untuk melukis juga dapat membeli keramik yang belum diwarna maupun keramik yang sudah jadi. Bagus-bagus banget. Tak hanya berbentuk gelas, ada juga untuk vas bunga, asbak, hiasan meja, dan banyak lainnya.




Di sini juga sering menjadi kunjungan instansi, sekolah, komunitas maupun pengunjung perorangan. Setelah acara melukis selesai, perwakilan dari komunitas kami memberikan kesan dan ucapan terima kasih kepada pihak kampung wisata keramik dinoyo yang telah berbagi ilmu dan pengalaman pada anak-anak dan para bunda. Acara ditutup dengan foto bersama. Anak-anak senang sekali dengan hasil karya mereka. Selain belajar dan berkarya, anak-anak pun dapat saling bersosialisasi dengan teman-teman baru. Bahkan Si kecil Azkiya yang dulu takut dengan banyak orang, kini sudah berani tampil dan foto bersama. Ia juga tidak rewel dan sangat menikmati proses melukisnya dengan mencampur aneka warna. Good job Nak :) 


Terima kasih panitia JCC 3 untuk kesempatannya <3






No comments:

Post a Comment