Tuesday 24 January 2023

Pantai Bambang dan Danau Perahu Bebek

 




Kapan terakhir kalinya teman-teman pergi ke pantai? Menikmati angin sepoi-sepoi, mendengar debur ombak, atau bermain pasir pantai. Terakhir kalinya aku ke pantai adalah saat lebaran tahun 2019. Hampir 4 tahun yang lalu hiks. Tepatnya sebelum saya hamil, melahirkan, kemudian pandemi dan pasca pandemi. Mungkin jika saat ini ada yang mengajakku ke pantai, aku akan lonjak-lonjak kegirangan. Namun, sayangnya tidak ada yang mengajakku dan cara terbaik untuk mengobati kerinduan pada suasana pantai adalah dengan mengenang dan menuliskannya. 



Saat lebaran 2019, aku dan suami mengunjungi keluarga besar dari mertuaku di Lumajang, Kecamatan Pasirian. Setelah bersilaturahmi ke keluarga, kami menyempatkan untuk berwisata sejenak sebelum pulang. Pilihan kami jatuh pada Pantai Bambang, yang tak jauh dari tempat kami, Pantai Bambang. Sejujurnya sampai sekarang masih penasaran kenapa namanya Pantai Bambang? Apakah yang menemukan pantai itu adalah Pak Bambang? Who knows. 


Setelah melewati jalan berkelok dengan arahan dari saudara kami yang menjadi guidenya,  sampailah kami di Pantai Bambang dengan pasirnya yang hitam dan ombaknya yang berdebur cukup keras. Kami disambut angin pantai yang sepoi-sepoi dan cuaca yang agak mendung sehingga tidak terasa panas. Segarnyaaa!!! 


Pada siang hari itu ternyata sedang ada perahu nelayan yang baru datang dari tengah lautan yang disambut oleh dengan sigap oleh bapak-bapak yang sedari tadi duduk di tepi pantai. Mereka menarik tali untuk menepikan perahu motor tersebut dan menyambut hasil tangkapan ikannya. Ramai dan seru sekali melihatnya. Tak lama kemudian, suasana pantai kembali didominasi dengan riuhnya deburan ombak. Di tepi pantai tersebut juga banyak sekali warung berjajar yang menjual aneka makanan, jajanan, dan minuman. 





Usai bermain dan menikmati pemandangan pantai dan lautan, kami pindah ke danau yang terletak di area sebelum pantai. Unik sekali ada danau dengan latar belakang hutan dan bebatuan yang lokasinya bertetangga dengan pantai. Di danau tersebut ada banyak fasilitas yang disediakan. Ada naik perahu motor keliling danau, perahu kayuh berbentuk bebek, dan canoe. Di tepi danau juga banyak orang berjualan makanan dan mainan untuk anak-anak. Awalnya kami naik perahu motor bersama-sama. Kemudian aku, suamiku, dan keponakan menyewa perahu bebek. Sedangkan tante memilih mengayuh canoe seorang diri. Seru banget ya. Sekalian olahraga hahaha. Pemandangan seperti ini benar-benar menyejukkan mata sekaligus menenangkan. Membuat kami betah berlama-lama di sana. Namun sayangnya kami harus segera pulang. Terima kasih Pantai Bambang. 


 


 




No comments:

Post a Comment