Monday 9 January 2023

Menyapih Dengan Read Aloud



Menginjak usia 2 tahun, dimulailah masa menyapih. Sebelumnya kami sudah memberikan sounding untuk berhenti mikcu. Namun yang ada, si bayi justru menangis, bilang nggak mau😂 of course nggak tega lah hati emak anyaran ini. Pernah suatu hari aku iseng mengoles minyak telon, dia bilang nggak enak, dan disuruh menghapus. Duh pengen ketawa 🤭


Suatu hari aku mencari buku tentang penyapihan ini. Alhamdulillah nemu sepaket buku Serunya Disapih ini. Board book yang full colour dari penerbit Mecca Medina ini bagus sekali isinya. Mulai pengenalan tentang apa itu disapih, penyapihan sebagai bagian dari perintah Allah sehingga mengajarkan anak tentang kecintaan pada Rabb nya, kegiatan yang bisa dilakukan saat disapih dan masih banyak lagi. Penggunaan tokoh aku, juga memudahkan anak untuk memahami.  Selain itu juga ada buku tanya jawab seputar penyapihan dengan para ahli, sticker dan printable activities yang menarik. 


Setelah dibacakan buku ini apa bisa langsung disapih? 

Oh tentu saja ada prosesnya Bun.. 

Namun saat dibacakan, anak sedikit demi sedikit mulai paham kalau dia sudah bukan bayi lagi. Azkiya sampai hapal kata dan kalimat yang ada di buku ini meskipun tetap saja masih ngereog minta mikcu. Akhirnya di usia 2 tahun 8 bulan, aku mulai menata kembali niatku menyapih berbekal pengetahuan dan saran dari sahabat-sahabatku. Terima kasih ya semua. Dan yang paling penting, kerja sama dengan ayahnya. Terima kasih ayah Kiya yang paling sabar sehingga penyapihan ini akhirnya terlaksana. 


Awal menyapih memang berat, Azkiya menangis teriak-teriak, tapi aku harus tatag dengan banyak berdoa untuk keberhasilan penyapihan ini. Hari pertama sampai ketiga cukup berat rasanya. Aku juga harus menyediakan stok makanan, buah, camilan dan susu coklat. Alhamdulillah akhirnya Azkiya bisa tidur sendiri tanpa mikcu, malam tidurnya lebih pulas meskipun masih sesekali menangis, dan makannya jadi lebih banyak. 


 Menyapih adalah proses belajar dan tak perlu tergesa karena anak dan ibu perlu kesiapan dan kemantapan hati. Masya Allah Tabarokallah. Semangat bunda-bunda yang juga berjuang untuk menyapih. Semoga Allah mudahkan


❤️ Let's go to unlock another milestone 🚀



No comments:

Post a Comment