Sunday 1 January 2023

Menulis dan Konsistensi

 


Hal paling sulit dalam kegiatan menulis bagiku adalah menulis secara konsisten. Untuk mewujudkannya juga diperlukan manajemen waktu yang baik. Kadang aku masih merasa manajemen waktuku kurang maksimal. Rutinitas sebagai ibu rumah tangga yang membersamai seorang anak berusia 32 bulan dan freelancer tutor kursus bahasa membuatku lelah sehingga waktu yang tersisa aku gunakan untuk istirahat. Padahal aku sudah bertekad untuk bisa menulis setiap hari di sepanjang tahun 2022. Realitanya hal tersebut menjadi wacana belaka. Sedih rasanya tidak bisa memenuhi target yang aku tentukan sendiri itu. Alhasil karya yang aku rencanakan pun masih belum benar-benar terwujud. 


Di penghujung tahun 2022, aku melihat kalender profesi yang sangat lucu buatan sasana upangga.aku pun memesan dengan tema profesi penulis. Dengan adanya kalender ini aku berharap bisa lebih konsisten dalam menulis selama tahun 2023. 


Saat iseng-iseng scrolling instagram, aku melihat postingan dari akun KLIP bahwa sedang dibuka pendaftaran. Tiba-tiba aku teringat bahwa aku pernah ingin mengikuti program menulis di KLIP di awal 2022, namun saat itu rasanya masih maju mundur untuk mendaftar dan pada akhirnya malah tidak jadi ikut. Alhamdulillah akhirnya saat ini, aku segerakan saja mendaftar agar tak galau lagi. Semoga nantinya aku dapat lebih konsisten dalam menulis dan mewujudkan apa yang menjadi cita-citaku, yaitu produktif dalam menulis.


Aku teringat bahwa menulis adalah jalan sunyi yang panjang. Dibutuhkan napas yang juga panjang dan support system yang kuat serta komunitas untuk mewadahi dan memfasilitasi kebutuhan dalam proses menulis. Bertemu dengan teman-teman yang sehobi membuat perjalanan ini terasa meriah dan menyenangkan. Berbagi pengalaman, ilmu,dan cerita.


Dengan mengikuti KLIP aku juga berharap agar dapat mewujudkan 4E Ibu Profesional yaitu, enjoy, easy, excellent, dan earn.  Tahun ini aku ingin juga mempelajari tentang SEO dan mendapatkan penghasilan dari menulis artikel. Tentunya akan banyak tantangan baru yang harus dijalani. Bismillah, semoga harapan-harapan baik kita di tahun baru ini dapat terwujud dan berjalan dengan lancar. Aamiin. Semangat bergandengan tangan hingga garis finish ya❤️


Malang, 01012023



No comments:

Post a Comment