Sunday 9 August 2020

Menjelajah Wahana Surfing Pra-Bunsay 6 IIP

 

Jurnal pengalaman saya terkait dengan COC pada Institut Ibu Profesional.

               Saya senang sekali setelah melihat dan mendengarkan penjelasan Mbak Ratna dan Mbak Yani di FBG IIP mengenai COC. Apa sih CoC itu? Code of conduct atau pedoman perilaku bermartabat agar tidak menimbulkan bias perilaku menyimpang dalam komunitas Ibu Profesional. Pada intinya apa pun kegiatan baik secara online maupun offline baik diperbolehkan asalkan tidak boleh :

1.     -  Bicara politik dan kritik pemerintah

2.     -   Ghibah

3.      -  Fitnah

4.      -  Khilafiyah

5.     -   Menyinggung suku, agama, ras, anggota tubuh

 Tentu saja ada konsekuensi apabila melanggar CoC tersebut, namun akan diutamakan diselesaikan secara musyawarah kekeluargaan terlebih dahulu.

    Oh ya dengan Coc ini juga melatih kita agar tidak mudah baper (bawa perasaan). Ada satu pengalaman yang masih saya ingat ketika masih menjadi satu dalam grup besar IP Malang Raya. Saat itu saya pernah membagikan publikasi sebuah acara yang diadakan oleh komunitas di luar IIP . Saat itu saya benar-benar lupa bahwa hal tersebut tentu saja melanggar COC. Kemudian salah satu kawan dalam grup mengingatkan saya, “Bukankah publikasi ini melanggar COC ya mbak?” DEG! Saya pun segera tersadar dan segera meminta maaf. Kemudian saya hapus e-flyer acara tersebut. Entah mengapa rasanya malu walaupun melakukan kesalahan yang terlihat sepele tersebut. Saya berterima kasih karena ada anggota grup yang sudah mengingatkan saya dengan baik, tidak serta merta memarahi dan memberikan konsekuensi.

             Membahas mengenai silent reader saya juga merasa tersentil karena awal bergabung saya hanya hanya membaca puluhan bahkan ratusan chat yang menumpuk tanpa memberikan komentar. Suatu kali saya pernah memberikan komentar namun tidak ada yang menanggapi, hmm…ya sedikit baper memang. Ada perasaan minder. Namun ketika saya berganti peran, menjadi pengurus divisi online rumbel, saya harus menyapa anggota grup. Alhamdulillah selalu ada anggota atau pengurus yang menjadi support system. Berusaha aktif dan ramah agar saya tidak merasa minder dan berbicara sendiri di grup tersebut. Saya berterima kasih atas kesempatan dan amanah yang diberikan oleh penanggung jawab rumbel yang selalu membimbing dan mengarahkan saya sebagai anggota baru untuk lebih aktif berpartisipasi dan berkreasi. Selain itu, dengan adanya kopdar yang saya ikuti baik kopdar regional, seminar regional atau kopdar rumbel, membuat saya lebih akrab dengan teman-teman sesama anggota sehingga saya tidak lagi merasa minder. 

Dalam wahana selancar ini saya kembali berselancar ke masa lalu saya, mengingat kembali tentang CoC Ibu Profesional, mengingat kesalahan yang saya buat dulu agar di masa depan tidak terulang dan dapat berubah menjadi pribadi yang lebih baik, aktif dan lebih bermartabat. Aamiin. Semangat!

Terima kasih 😊

              

No comments:

Post a Comment